Disdik HSU, Pastikan UNBK 100 Persen Tingkat SMP




Salah satu contoh simulasi UNBK sumber foto Radar Banjarmasin.



 -
AMUNTAI -Pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP tahun ajaran 2017/2018 di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dipastikan terlaksana 100 persen. Hal itu dibenarkan Kadis Pendidikan setempat H Rahmat melalui Kepala Bidang Bina SMP H Herwasnyah Budi.
"Alhamdulillah pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMP terlaksana menyuluruh alias 100 persen. Dan otomatis metode Ujian Nasional Lembar Jawaban Komputer (UNLJK) tidak diberlakukan lagi," kata Budi sapaan akrabnya pada Radar Banjarmasin.
Diterangkannya, untuk teknis UNBK ada 11 SMP yang menggelar ujian secara mandiri. Sementara 17 SMP yang ada harus melaksanakan ujian di SMA dan SMK yang telah bersedia meminjamkan fasilitas baik komputer dan tenaga proktor serta teknisnya.
"Semua SMA dan SMK secara sukarela meminjamkan semua fasilitas tersebut pada pihak SMP yang melakukan peminjaman. Hal ini mendapat apresiasi Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel," ungkapnya.
Terkait siswa, telah dilaksanakan simulasi UNBK sejak Januari tadi sampai akhir Maret ini. "Ada tiga kali simulasi yang dilaksanakan pihak sekolah ke siswa. Untuk kendala yang kami temukan selama proses simulasi tidak terlalu berarti. Hanya gangguan mati listrik dan jaringan yang dikuatirkan," jawabnya.
"Sudah ada  komunikasi secara lisan. Sementara secara resmi pada pihak PLN dan Telkom termasuk Dikominfo untuk mengawal pelaksanaan UNBK biar berjalan aman akan kami sampaikan dalam waktu dekat ini," sampainya.
Untuk diketahui, tahun ini juga SMP Paminggir dan Danau Panggang juga melaksanakan UNBK secara mandiri, tutupnya. Untuk jadwal pelaksanaan UNBK tingkat SMP dilaksanakan pada 23 sampai dengan 26 April mendatang. (Radar Banjarmasin for Kabar Amuntai)

Subscribe to receive free email updates: