Tingkatkan Sanitasi Warga Lewat Pamsimas, Bupati Ini Teken Kerjasama dengan Pusat


Ket Foto - Komitmen bantuan Pamsimas bersama pusat. 

BALI - Program Pembangunan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas, salah satu program penting yang terus diupayakan pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) untuk warganya. Terkait itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK, hadir dan mengikuti Workshop Kebijakan dan Strategi Pembangunan Air Minum dan Sanitasi dalam Perencanaan Daerah Regional II di Provinsi Bali.
Kegiatan diselenggarakan Direktorat Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI itu, berlangsung dari tanggal 10 sampai 13 Oktober 2017 di Hotel Golden Tulip Kabupaten Badung Provinsi Bali.
Plt Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan bahwa pertemuan yang dikemas dalam workshop merupakan penanda pentingnya Pembangunan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat berdasarkan Milestone Sustainable Development Goal's (SDGs). "Pamsimas merupakan program dalam penyediaan air minum yang layak dan perbaikan sanitasi lingkungan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," terangnya.
Sementara itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK usai mengikuti kegiatan Pamsimas adalah salah satu program pemerintah yang harus pemda dukung secara bersama. Berkaitan dengan hal itu, Wahid pun akan berusaha menyediakan akses air minum dan sanitasi bagi warga yang belum mendapatkan akses air minum dan sanitasi di wilayahnya. "Upaya kami memohon pada pemerintah agar bantuan Pamsimas kembali masuk ke HSU pada tahun 2018. Sebab program Pamsimas begitu erat kaitannya dalam penyehatan masyarakat dan lingkungan," kata Wahid yang baru saja kembali dilantik menjadi Bupati HSU untuk priode kedua tersebut.
Selanjutnya, Plt Kadis PU dan Pertanahan Agus Susiawanto menilai bahwa program pamsimas memang program pemberdayaan yang selalu dinanti warga. Sebab jadi akses warga mendapatkan air bersih dan mengelolahnya. "Tiap tahun program ini masuk ke wilayah HSU. Mudahan pada tahun 2018 sesuai harapan bapak (bupati, red). Program tersebut masuk lagi di HSU," harapannya.

Turut hadir mendampingi Bupati Wahid dalam kegiatan tersebut didampingi Ketua DPRD HSU H Syahrujani dan Plt Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Agus Susiawanto. (radar banjarmasin for Kabar Amuntai)

Subscribe to receive free email updates: