Ada Program Kotaku, 75 Warga Dilatih Buat Media Warga Mandiri

Ket Foto - Warga dari 14 desa dan 1 Kelurahan saat mendapatkan materi dari narasumber tentang program media warga Kotaku di Aula Desa Palampitan Hilir Sabtu (14/10).


AMUNTAI - Bertempat di Aula Desa Palampitan Hulu Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) digelar Pengembangan Kapasitas Masyarakat dan Pelatihan Relawan Media Warga yang diikuti 14 Desa dan 1 Kelurahan yakni Paliwara di wilayah Amuntai Tengah. Kegiatan diikuti 75 warga perwakilan dari 15 desa/kelurahan.
Pelatihan sendiri dilaksanakan selama dua hari sejak Jumat (13/10) sampai Sabtu (14/10) tadi. Acara dibuka oleh Koordinator Kota KO3 Kotaku Bagus Wahyudin disaksikan para kepala desa dan perwakilan kelurahan.
"Pelatihan dan pengembangan kemampuan warga dalam mengelola media warga sangat baik dalam mengenalkan desa dan akuntabilitas desa itu sendiri disetiap programnya terkhususnya program Kotaku," kata Bagus usai membuka kegiatan pada Radar Banjarmasin baru-baru ini.
Dia berharap pada peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan, sebab tidak semua warga desa mempunyai kesempatan ikut dalam pelatihan tersebut. "Usai ikut pelatihan, warga diharapkan bisa langsung mewujudkan media warga ini di desa masing-masing," harapnya.
Dia menjelaskan secara nasional hanya ada 40 provinsi yang masuk dalam program Kotaku 2017 dan Kalimantan Selatan salah-satunya. "Jadi kami harapkan betul, masyarakat bisa berperan aktif dalam kegiatan program Kotaku ini," ucapnya.
Sementara itu, Fasilitator Program Kotaku Kecamatan Amuntai Tengah, Yasir Danhas, menyampaikan pada kegiatan ini, ada 75 peserta dari 15 desa/kelurahan. Kegiatan program Kotaku sendiri lanjutnya, telah berjalan satu tahun ini, menjadi program prioritas dari pusat dalam mengurangi dan menata kawasan kumuh di Indonesia tak terkecuali di HSU.

"Acara ini bertujuan, dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk memberitakan setiap kegiatan desa melalui media warga. Entah kegiatan gotong royong desa atau tips menciptakan kawasan yang bebas dari kekumuhan,"terangnya.
Adapun kelurahan dan desa yang ikut yakni Kelurahan paliwara, Muara Tapus, Datu Kuning, Tapus, Pinang Habang, Danau Cermin, Pinang Kara, Mawar Sari, Palampitan Hulu, Hilir, Tigarun, Sungai Baring, Harus, Harusan dan Sungai Karias dan beberapa desa lainnya di wilayah Amuntai Tengah, jawabnya.
Sementara itu, Hasan peserta dari Kelurahan Paliwara, mengakui program ini sangat baik apabila dijalankan dengan serius, tidak hanya sebatas sosialisasi semata. "Mudahan selesai kegiatan ini, ada upgreding kemampuan bagi warga yang tergabung dalam media warga. Setidaknya ada pembinaan lanjutan," harapannya. (Radar Banjarmasin For Kabar Amuntai)

Subscribe to receive free email updates: