OGDJ Target Rekam Data e-KTP di HSU


Keterangan Foto : Pelayanan jemput bola oleh Disdukcapil HSU ke desa-desa 


AMUNTAI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus mengencerkan program jemput bola rekam data e-KTP langsung ke desa-desa. Tahun 2017 sudah ada 50 desa yang datangi oleh bidang kependudukan Disdukcapil setempat.
Sasaran dari rekam data tersebut yakni para warga lanjut usia dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa, red) yang masih bisa diajak berkomunikasi. Sebab e-KTP nanti sangat diperlukan bagi lansia atau ODGJ untuk mengurus sejumlah persyaratan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.


Kadisdukcapil HSU Roosifansyah melalui Kabid Kependudukan Hj Ida Rimaliana menerangkan bahwa sejak sistem rekam data jemput bola dilaksanakan oleh pihaknya, sudah ada 50 desa yang dikunjungi dari 214 desa di HSU.
"Tahun ini yakni 70 desa. Saat ini capaian sudah sangat baik bahkan telah menembus angka 100 persen baik yang rekam di kecamatan, disdukcapil dan sistem jemput bola tersebut," kata Ida pada Radar Banjarmasin Senin (26/9).
Sambung kabid pendudukan, untuk anggaran sendiri bersumber dari APBN 50 desa sementara dari APBD sebanyak 20 desa. "Target, kami yakni penderita ODGJ dan kaum lansia khususnya yang tak terlalu parah. Sebab KTP erat kaitannya dengan pelayan yang bersangkutan apabila memerlukan pengobatan," lengkapnya.
Ida mengimbau warga untuk melakukan rekam data dengan langsung datang ke kecamatan atau Disdukcapil. Jangan tiba masa baru melakukan perekaman, sebab dokumen kependudukan sangat penting. "Mengurus BPJS, Kredit Bank, Perumahan, sampai Pasport semua harus didukung dengan kepemilikan KTP. Jika tidak, tentu sulit pelayanan tersebut didapatkan," pesannya. (radar banjarmasin for kabar amuntai)

Subscribe to receive free email updates: