Itik Balagung HSU Bisa Tekan Inflasi Lho !!!





AMUNTAI – Bank Indonesia Wilayah Kalimatan Selatan (Kalsel) akhirnya memulai proses pola kerjasama dalam pengembangan Itik Balagung di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Melalui Furom Grup Discusion (FGD) Lending Model yang digelar di Gedung Agung Setda HSU baru ini, terungkap itik hasil kawin silang itu, bisa tekan inflasi dan menaikan pendapatan ekonomi bagi peternak.
Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kadis Pertanian H Ilman Hadi mewakili Bupati HSU H Abdul Wahid HK dan pihak BI Kalsel diwakali M.Jhon, Kabag Ekonomi dan Sumber Daya Alam Ir Muhammad Rafiq serta para peternak itik di HSU. FGD tersebut membahas pola kerjasama mulai pembibitan, pembesaran sampai dengan teknik pemasaran.
Bupati HSU H Abdul Wahid dalam sambutan dibacakan Kadistan Ilman Hadi menjelaskan bahwa populasi unggas khususnya Itik di HSU cukup besar, baik daging, telor itik dan didukung jumlah ketersediaan sumber daya peternak cukup banyak.
"Pengembangan para peternak, kami telah menyalurkan bantuan baik berupa pelatihan, bibit, maupun bahan baku berupa kandang serta memberikan pemantauan kesehatan ternak," kata Ilman.
Meskipun ada permasalahan dihadapi peternak seperti permodalan serta belum adanya kerjasama dengan pembeli dalam jumlah banyak, sehingga tatkala bibit melimpah kesulitan dalam menjual, tambahnya.
Bahkan sebagaimana diketahui HSU memiliki sejumlah potensi yang cukup bagus untuk dikembangkan seperti ternak kerbau rawa serta Anyaman Purun dan Ilung yang sebelumnya dilakukan berbagai program guna mengembangkan potensi tersebut bersama BI Kalsel.
"FGD Lending Model ini bertujuan untuk pola pembiayaan bagi sektor rill dengan berbagai skala usaha. Juga diharapkan akan diperoleh masukan dan saran dalam upaya pengembangan Itik Belagung ini," sampainya.
Sementara itu, M Jhon mengatakan pengembangan Itik Balagung lebih dulu telah dilakukan peneletian beberapa bulan tadi. Selanjutnya hari ini digelar FGD dalam mencari berbagai masukan dan saran. "Mohon bapak dan ibu memberikan masukan dan sarannya melalui kegiatan ini. Agar kedepannya model ini bisa berjalan dengan baik," pintanya.
Selain itu, dia juga menerangkan kenapa dilakukan penelitian guna pengembangan ini, sebab untuk menjaga kestabilan rupiah. "Bahan makanan daging seperti ayam erat kaitannya dengan inflasi. Arahnya itik balagung sebab dilihat dari kacamata inflasi bisa stabil. Bahkan inflasi dari Maret sampai Agustus ini stabil," katanya.

Maka itu, BI berupa mengembangkan produk itik ini. Dan berharap pemda dan juga Perbankan mendorong kemajuan ternak itik khususnya Itik Balagung tersebut, tandasnya. (Radar Banjarmasin For Kabar Amuntai)

POTENSI - Unggas jenis itik asal Kabupaten HSU salah satu ternak yang digemari warga untuk berusaha.

)

Subscribe to receive free email updates: