DPPKB Punya Konsep Tribina Wujudkan KKB





Ket Foto : Plt DPPKB HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid 

AMUNTAI - Kampung Keluarga Berencana (KKB) Mantap (Mandiri, Terdepan dan Produktif) Selasa (19/9), mendapat perhatian dari Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara Hj Anisah Rasyidah. Perhatian itu, berupa orientasi serta pembinaan agar program tersebut bukan sekedar program seremoni semata.
Anisah Rasyidah Wahid melalui Suhaimi mewakili Plt DP2KB HSU, menerangkan, bahwa Kampung KB dituntut mempunyai kelompok kegiatan seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) atau yang akrab dikenal Tribina.
Bahkan sambungnya, KKB yang ada dan telah dicanangkan diminta untuk memiliki Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga sejahtera (UPPKS) yang bergerak pada peningkatan ekonomi keluarga. "KKB tidak lepas dengan lintas instansi. Semua satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam mewujudkan program ini," kata Suhaimi mewakili Plt DP2KB.
Untuk kegiatan, bisa dalam bentuk penyuluhan, konseling, life skill hingga integrasi kegiatan. Nantinya setiap kelompok yang berisikan para kader ini diharapkan mengedepankan kerelawanan, tambahnya.
Senada, kepala UPT KB Ismawati menekankan tentang kader. Menurutnya seorang bertugas membantu pelaksanaan program kampung KB maupun lainnya yang ada di desa. Meskipun kader bekerja sukarela, namun dituntut inovasi dan kreatif. 
"Harus ramah dan menghargai orang lain, mampu berkomunikasi, saling mengayomi dan mengedepankan toleransi jadi standar kader KKB ini," singkatnya. (Radar Banjarmasin For Kabar Amuntai)

Subscribe to receive free email updates: