Balai Arkeologi Gelar Pameran di Kota Itik


Balai Arkeologi Gelar Pameran di Kota Itik

Hadirkan koleksi peninggalan manusia prasejarah

AMUNTAI - Balai Arkeologi Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Jumat 1 sampai 5 November 2013 nanti, menggelar stan pameran Arkeologi tahun 2013 di Kota Itik Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), tepatnya di lantai 3 Plaza Amuntai.

Dimana dalam pameran itu, memamerkan, puluhan koleksi hasil riset dan penelitian balai arkeologi yang menaungi 5 Provinsi di Kalimantan tersebut.

Kepala Arkeologi Banjarmasin Bambang Sakti Wiku Atmojo mengatakan, Dengan tema Menggali masa lalu dan mengenali keunikan budaya, cinta negeri, pihaknya ingin mengenalkan artefak-artefak kepurbakalaan di kabupaten-kabupaten di Kalsel.

Namun lanjutnya, pameran yang dilaksanakan di Amuntai, merupakan pameran pertama yang dilakukan pihaknya untuk lingkup kabupaten. "Pameran sudah sering kali kita laksanakan di Banjarmasin. Namun untuk daerah pertama kalinya, dan Amuntai menjadi tujuan pertama," jawab Bambang pada Radar Banjarmasin kemarin.

Alasan memilih Amuntai, jelas sumber, mengingat Amuntai merupakan salah satu situs purbakala tertua di Kalsel dengan situs Candi Agungnya. Adapun yang dipermekan dalam pameran, merupakan hasil penelitian Balai Arkeologi Banjarmasin.

"Untuk koleksi yang dipermekan merupakan alat batu dan kapak gengam peninggalam masa prasejarah, seperti, Beliung persegi, alat serpi, kapak perimbas dan kapak penetak yang ditemukan dalam penelitian dan penggalian diwilayah Kalimantan," terangnya.

Sementara sasaran pameran, kata Bambang, yakni menyasar anak sekolah, dimana anak sekolah di Kabupaten HSU, Bisa lebih mememahami sejarah masa lalu yang bisa diambil nilai positifnya dan mengenalkan ilmu Arkeologi kepada para siswa ataupun pengunjung plaza Amuntai.

Sambungnya juga, melalui momen ini, pihaknya melakukan mengedukasian dan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya sebuah sejarah. "Maka itu, mari berkunjung ke pameran ini. Sekaligus belajar sejarah khususnya Balai Arkeologi Kalimantan," ajaknya.

Sementara itu, Kepala UPT Candi Agung Misbahrudin, dimana menyambut baik kegiatan yang diadakan Balai Arkeologi Banjarmasin terlebih daerahnya juga memiliki situs purbakala Candi Agung sebagai maskot Amuntai. "Pameran ini, tentu bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus warga mengetahui apa arti Arkeologi itu sendiri," kutipnya.

Dari pengamatan dilokasi, hadir pengunjung dari dan siswa SMA dan SMK, Guru di Kota Amuntai. Pameran sendiri dibuka setiap pukul 10.00 sampai dengan 22.00 Wita sesuai jam operasional Plaza hingga Selasa mendatang. (mar)

Subscribe to receive free email updates: